Tahukah anda apa itu screenshot ? screenshot adalah proses pengambilan gambar dari layar komputer yang sedang aktif yang kemudian akan dijadikan sebuah file gambar. Suatu contoh ketika saya ingin memberitahu tampilan komputer saat ini kepada teman saya yang sedang berada di luar negeri, tentu saja tidak mungkin saya mengambil hp kemudian mem foto tampilan di komputer saya bukan ! selain karena gambar nya tidak akan jelas proses itu sangatlah rumit karena harus mengirim file hasil foto dari hp tadi ke komputer terlebih dahulu yang kemudian akan kita kirimkan pada rekan saya yang ada di luar negeri tadi. 

Nah oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan coba bagi sebuah trik screenshot di komputer/laptop ini. Mungkin sudah banyak yang tau tapi saya yakin banyak yang belum mengetahui trik ini juga, di internet juga sudah banyak bertaburan tentang aplikasi / software yang berfungsi untuk mengambil gambar dari komputer / screenshot ini namun saya kira bila komputer kita sudah bisa mengapa kita harus repot-repot download software, hal itu hanya akan menambah beban bagi komputer kita karena berisi semakin banyak software yang akan membuat komputer/laptop kita semakin berat.

Berikut ini Cara screenshot atau menangkap gambar yang sedang tampil di laptop/komputer tanpa software
Perhatikan keyboard anda ! carilah tombol dengan tulisan "Print Screen SysRq" biasanya terletak di dekat tombol "F12" lihat gambar berikut : 
tombol printscreen keyboard

Kalo sudah ketemu siapkan tampilan layar di komputer/laptop yang akan diambil gambarnya, jika telah selesai tekan tombol tersebut sekali saja. 

Selanjutnya buka aplikasi bawaan window dengan nama "PAINT" Caranya buka menu pada window (tombol window) dipojok kiri bawah, lalu masuk ke menu "accesories" lalu pilih "paint" Lihat gambar dengan bulatan merah :

Setelah terbuka, tekan ctrl+v lalu akan muncul hasil gambar yang kita ambil sewaktu menekan tombol "print screen" tadi. kemudian pilih Menu file, lalu save as, lalu ketikkan saja nama file yang diinginkan untuk gambar yang diambil tadi, jangan lupa pilih tempat menyimpannya agar tidak sulit mengambil filenya, jika tidak sempat silahkan cari di my document lalu masuk ke folder my picture, filenya disitu biasanya. Selesai.

Untuk lebih jelasnya Lihat Videonya dibawah ini :

0 Komentar untuk "Cara screenshot atau menangkap gambar yang sedang tampil di laptop/komputer tanpa software"