Cara Mengatasi Trouble Publish PDF pada corel draw - trouble semacam ini biasanya anda mengalami file PDF yang sudah di publish menjadi kosong / blank putih dan biasanya aplikasi corel draw anda mengalami blank dan agak error, mungkin juga disertai dengan tulisan out of memory. nah barangkali tulisan yang akan saya bahas kali ini bisa membantu anda yang sedang bingung tentang trouble pada corel draw.

Cara Mengatasi File tidak Bisa di Publish ke PDF pada corel draw

Hasil File PDF dari corel draw halamannya kosong


suatu saat ada problem semacam ini saya temui pada saat saya membuka sebuah file yang bukan desain saya dan format filenya adalah corel draw. selanjutnya saya buka dengan menggunakan aplikasi corel draw kemudian saya sedikit merapikan desainnya karena lumayan acak-acakan juga / agak kurang rapi dll kemudiantak lupa juga untuk meng-convert font yang ada di dalamnya dan juga menghilangkan beberapa efek yang mungkin cukup rawan ketika pas di export ke pdf. nah setelah semua beres kemudian saya ingin lanjut ke proses berikutnya yaitu merubah format corel draw tersebut ke format pdf / publish ke pdf (eksport file ke pdf). pada saat proses merubah file dari corel draw ke pdf ternyata aplikasi corel draw terlihat loadingnya lama kemudian setelahnya kelihatan aplikasinya agak error dan nampak berkedip kedip ngga jelas gitu, kemudian setelah menunggu setelah beberapa lama ternyata file pdf sukses juga terbentuk. sudah cukup senang karena pekerjaan sudah hampir selesai, eh ternyata pas dibuka file pdfnya itu isinya cuman halaman putih aja ngga ada desain yang dimaksudkan.

pada kondisi yang semacam itu saya menjadi rada pusing juga, sempat melakukan juga dengan berbagai macam uji coba diantaranya menggunakan aplikasi corel draw yang versinya lebih baru diantaranya saya menggunakan coreldraw X5 dan juga coreldraw X6 tetapi hasilnya masih sama juga ngga ada perubahan, jadi saya berbikir mungkin ada bagian dari desain tersebut yang memang membawa pengaruh ke erroran tersebut, saya mencoba mencarinya satu persatu. setelah ekian lama melakukan ujicoba ternyata ada bitmap / objek yang memang membuat itu error. ngga tau kenapa..

jadilah saya berkesimpulan untuk mempraktekkan jurus-jurus pamungkas yang jarang sekali ta praktekkan, jurus pamungkas tersebut biasanya berhasil untuk menangani trouble-trouble pada corel draw.

Nah mari kita praktekkan jurus pamungkas tersebut.
Pertama tutup aplikasi corel draw yang sedang membuka file eror tersebut (bisa tutup paksa dengan melalui Windows Task Manager)

selanjutnya anda bisa membuka kembali corel draw dan openlah file yang trouble tadi.
setelah berhasil terbuka, kemudian pilih save as..
nah format file yang kita save as itu adalah .cmx
selain itu anda juga bisa eksport JPG file tersebut, jadi ada 2 file ya... cmx dan jpg

gambarnya dibawah ini nih :


langkah selanjutnya, dengan tidak menutup file yang anda buka tadi kemudian buatlah dokumen baru dengan ukuran page yang lumayan besar semisal A0. nah kemudian importlah file cmx yang tadi anda buat ke dokumen baru tersebut, mengapa tadi saya buat dokumen yang ukurannya cukup besar A0 karena untuk aman saja bisa pas diimport seluruh desain bisa ada di halaman pertama artinya tidak berada di luar page, kalau desainnya lebih besar dari A0 ya bikin lah area page yang lebih gede.

langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan apakah semua sudah masuk atau mungkin barangkali ada yang hilang, untuk memudahkan proses ini maka importlah jpg file yang sudah dibuat, nah tujuan kita membuat file jpgnya adalah untuk memudahkan pengecekan ini. nah setelah dirasa tidak ada yang berubah maka anda bisa save as dokument tersebut ke file corel kembali

file yang sudah fix dari error

nah selanjutnya cobalah anda publish kembali file yang baru tersebut. Insya Alloh sudah bisa

ada beberapa Syarat sebelum anda save as file ke cmx, agar filenya bisa sesuai harapan :
- Convertlah semua font yang ada di dalamnya, alasannya kalau tidak di convert kemungkinan tulisannya pada lari itu semakin besar ketika di save as cmx

- Hilangkan semua efek yang ada, untuk nyari aman lebih baik hilangkan semua efek yang ada di file tersebut

selamat mencoba semoga bisa membantu, kalau ada pertanyaaan lainnya atau mungkin anda mengalami problem lainnya bisa melalui form komentar sehingga nanti kalau saya bisa mungkin saya akan membuat postingannya






0 Komentar untuk "Cara Mengatasi File tidak Bisa di Publish ke PDF pada corel draw"